Saturday, 26 November 2016

TEHNIK SEO JUAL BELI ONLINE Riset Keyword untuk Toko Online

Tags

By : Iis Rahmawaty & Denni Ardianto



Dengan teknik SEO (Search Engine Optimization) yang baik, anda bisa menempatkan situs / toko online anda di halaman pertama google untuk setiap kata kunci yang di inginkan.
“Tidak ada pengunjung tidak ada penjualan.”
Teknik SEO bisa mendatangkan trafik tertarget (Secara Gratis), hanya kepada orang-orang yang memang mencari dan siap untuk membeli produk dari toko online kita.
Keyword Research adalah salah satu rahasia SEO yang harus kita kuasai.
Ok, langsung saja, study kasus misalnya saya ingin menjual produk 
Dompet Kulit dari Cakning.com
Artinya saya harus menganggap dompet kulit itu sebuah kata kunci. Karena di Google Search Money Is In The Keyword
Berarti dompet kulit dan semua kata kunci turunannya adalah potensi market kita.
Sebelum melakukan Riset Keyword, setidaknya kita harus memahami 3 hal berikut :
  1. Buying Keyword
  2. Initial Keyword
  3. Comparison Keyword
Buying Keyword adalah kata kunci yang di ketik oleh orang yang memang ingin membeli sesuatu di google search.
Contoh : jual dompet kulit, jual dompet kulit garut, jual dompet kulit sapi, dll
Initial Keyword kebanyakan di ketik orang cari referensi aja, atau penasaran. Trafik tinggi konversi rendah, biasanya kata kunci dasar.
Contoh : dompet kulit, dompet, dll
Comparisson Keyword memiliki konversi lebih tinggi dari initial keyword, namun masih jauh di bawah Buying Keywod karena memang orang yang mengetik kata kunci ini cendrung masih membandingkan dngan produk lainnya.
Contoh : dompet kulit murah, dll
Kalau sudah baru kita cek marketnya, apakah produk yang mau kita jual ada konsumennya, berapa potensinya, bagaimana persaingannya dan apakah layak untuk di eksekusi.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Pertama-tama kita lihat persaingan secara kasar di Google Search.
1. Buka 
http://google.com > masukkan kata kunci “dompet kulit” di kotak search > tambahkan &start=950 di belakang url hasil pencarian.
Hasil 0-100 Persaingan Sangat Ringan, 100-200 Persaingan Ringan, 200-300 Persaingan Sedang, 300 keatas Persaingan Berat.
Hasil 
170 artinya keyword dompet kulit masih relatif mudah untuk kita optimasi. 
Setelah itu kita lakukan Riset Kata Kunci. Tool untuk Keyword Research yang masih terbaik dan termurah (gratis) adalah dengan Google Keyword Planner Tools.
Pastikan Anda sudah terdaftar terlebih dahulu di Google Keyword Planner Tool. Jika belum daftarkan dengan akun Gmail anda dan jangan lupa seting umur diatas 18 tahun.
2. Sign in ke https://adwords.google.com/KeywordPlanner 
3. Klik Tools ---> Keyword Planner ---> Search for new keyword and ad group ideas. 
4. Masukkan “Buying Keyword” jual dompet kulit ke kolom “Your product or service”
dan “Main Keyword” 
dompet kulit di kolom Include/Exclude --> “Only include keywords containing the following terms”.
Untuk target lokal pastikan juga setingan “Targeting” sudah di rubah ke Indonesia.
5. Klik Keyword Ideas
6. Akan tampil kumpulan kata kunci beserta jumlah pencarinya di google, ini adalah pasar kita. Langsung saja “klik download”
7. Download Excel CSV ---> Save File
8. Masuk ke Excel
9. Buat 2 Kolom Keyword dan Avg. Monthly Searches (exact match only) Atau Kata Kunci dan Jumlah Pencarian Google Perbulan.
Well, sampai di sini kita sudah mendapatkan daftar kata kunci dompet kulit yang akan di eksekusi nantinya.
Tapi anda membutuhkan strategi bagaimana merangking banyak kata kunci bersamaan dan harus mendapatkan sales dengan waktu yang cepat.
Kebanyakan orang akan berkutat dengan kata kunci berat / susah dan melewatkan profit penjualan dari kata kunci lain yang sebenarnya bisa lebih besar, lebih mudah dan cepat untuk di dapatkan.
Karena itu kita membutuhkan Keyword Stem atau Subkategori Keyword
Tujuannya untuk mengkategorikan masing-masing keyword untuk di optimasi dengan lebih mudah
dan cepat. Ok Next..
10. Buka alamat http://smallseotools.com/keyword-density-checker/Klik Text, lalu Copy Paste semua daftar keyword yang anda miliki dari Excel ke sini. Klik All Terms ---> Klik 1 Words ---> Isi Captcha ---> Klik Check
11. Setiap Kata Predikat yang muncul lebih dari satu adalah keyword stem kita.
Kita dapatkan 10 Keyword Stem :
Pria, Asli, Wanita, Murah, Original, Grosir, Branded, Online, Bandung, Import.
Nanti Setiap daftar kata kunci yang mengandung Keyword Stem diatas akan di jadikan satu kategori.
12. Untuk mengkategorikan Keyword gunakan Data ---> Filter ----> Condition ---> Contain ---> Value ---> Pria (Keyword Stem)
Dan seterusnya...
13. Setelah muncul semua keyword yang mengandung kata Pria, Copy kemudian Undo
14. Buat Sheet Baru
15. Masuk Ke Sheet 2 Kemudian Buat kategori Berdasarkan Keyword Stem dan Paste hasil filter sebelumnya.
16. Ulangi Prosesnya sampai kita mendapatkan semua list keyword berdasarkan Keyword Stem.
Nah, sampai disini kita sudah mendapatkan daftar kata kunci berdasarkan keyword stem. Nantinya kita akan mengoptimasi satu kategori ini dalam satu artikel.
Tujuannya untuk memudahkan optimasi banyak kata kunci yang Semantic (LSI) bersamaan.
Untuk keyword yang tidak memiliki kategori / keyword stem bagaimana?
Tetap akan di optimasi, tapi akan kita prioritaskan untuk mengoptimasi yang memiliki kategori / keyword stem terlebih dahulu.
17. Kategorikan lagi Keyword Stem berdasarkan Buying Keyword.
18. Cek Allintitle Setiap Buying Keyword, dengan cara ketik allintitle:keyword di kotak pencarian google search.
Allintitle adalah Syntax / Search Operator yang di gunakan untuk melihat semua artikel web yang memiliki judul sama. Mengetahui jumlah allintitle berarti mengetahui potensi persaingan di SERP.
Secara subyektif Allintitle dengan hasil 0 – 10.000 adalah persaingan rendah, 10.000 – 100.000 sedang, dan 100.000 keatas persaingan tinggi.
Tujuannya untuk memprioritaskan optimasi kata kunci yang allintitle-nya rendah terlebih dahulu.
Setelah memiliki semua daftar kata kunci yang siap untuk di eksekusi, selanjutnya adalah menganalisa segment market kita.
SEGMENTASI
Segmentasi Pasar : Proses membagi sebuah pasar ke segmen-segmen atau kelopok-kelompok yang bermakna, relative sama dan dapat di identifikasikan.
Tujuannya untuk mengidentifikasi pasar potensial yang menguntungkan saja untuk dilayani karena akan sangat sulit satu pemasaran dapat memuaskan pasar yang Heterogen (berbeda selera dan karakteristik) untuk itu diperlukan segmentasi pasar.
19. Buka http://www.google.com/trends/Masukkan Produk / Main Keyword kita lalu search
20. Pilih 12 bulan terakhir ---> Lokasi ---> Kota
Kita dapatkan Jakarta 100Yogyakarta 70 & Surabaya 68
Apakah ini penting?
Penting sekali, selain kita bisa mengenali konsumen potensial, ini juga bisa menjadi data utama kita dalam targeting dan positioning.
Jika konsumen potensial anda lebih banyak berada di Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya apakah bagus jika Supplier produk anda berada di tempat lain? Biaya Ekspedisi, Kecepatan Pengiriman, dll.
Ok, kita lanjutkan melakukan segmentasi pasar.
21. Kembali Ke Google Keyword Planner. Klik Tools ---> Display Planner
22. Masukkan Main Keyword dompet kulit ---> Campaign targeting Indonesia ---> Klik Get placement ideas.
23. Klik Demographics.
Sampai disini kita akan mendapatkan data baru. Yaitu Umur, Gender, Device pengguna, dll.
Dengan data ini kita bisa membuat gambaran umum siapa konsumen potensial kita.
Pria usia 25-34 tahun menggunakan Mobile Device, tinggal di Jakarta, dll
Kesamaan Minat, Daya Beli dan Geografis Calon Konsumen akan sangat penting bagi kelangsungan bisnis kita untuk jangka panjang.
Pahami dahulu tentang riset keyword ini, untuk selanjutnya diterapkan di materi SEO On Page.

2 komentar

Jelas sekaali gan..http://www.masdim.id

Jelas sekaali gan..http://www.masdim.id


EmoticonEmoticon

(NON MLM ) 2 BISNIS ONLINE INDONESIA BAGI YG BOSAN GONTA GANTI B.O !!